TIPS UNTUK MENGATASI DAN MERAWAT RAMBUT RUSAK

Rambut rusak adalah masalah klasik yang dapat menimpa siapa saja baik pria maupun wanita. Ciri dari rambut rusak ditandai dengan adanya rambut bercabang, terasa kasar atau kering, mudah patah, atau bahkan rontok. Apabila dalam keadaan kering, rambut rusak menjadi ringan dan mudah kusut. Namun apabila dalam keadaan basah, rambut akan menjadi lepek dan terlihat kusam. Bahkan jika rambut rusak diwarnai, akan lebih sulit atau mungkin malah terlalu cepat diserap oleh rambut.

Penyebab rambut rusak antara lain karena pemakaian produk rambut yang terlalu keras, paparan sinar matahari, penggunaan alat rambut yang bersifat panas, terkena air laut atau air yang mengandung klorin, pemakaian aksesoris rambut, dan kondisi psikologis.

Berikut adalah tips untuk merawat rambut yang rusak:

Lakukan pemotongan secara teratur setiap 4-6 minggu untuk menghilangkan rambut yang bercabang atau pecah-pecah. Trend rambut 2010 yang telah kami bahas dapat menjadi ide untuk model rambut pendek wanita. Bila memungkinkan anda bisa mencoba untuk memotong rambut menjadi sangat pendek agar tumbuh rambut baru yang lebih sehat. Namun jika terlalu sayang untuk memangkasnya, coba dengan memberikan conditioner dengan ph yang seimbang, yang dapat mengembalikan kelembaban rambut yang rusak. Dengan cara ini dapat menghaluskan lapisan kutikula dan melindungi rambut dari kerusakan yang lebih parah.

Namun “mencegah lebih baik darpada mengobati”. Cobalah untuk menghindari faktor-faktor penyebab kerusakan yang telah disebutkan di atas. Gunakan topi saat berada dibawah terik matahari atau gunakan swimcap saat anda berenang. Selain itu anda bisa melakukan perawatan baik perawatan luar maupun perawatan dalam.

Berikut adalah tips untuk mencegah rambut rusak:

Perawatan rambut dari luar, biasanya bekerja dengan cara mempertahankan kelembaban dan vitalitas rambut anda. Anda bisa menggunakan perawatan rambut yang alami. Lidah buaya dan urang aring mampu untuk membantu menyuburkan rambut. Santan atau minyak kelapa sangat ampuh untuk melembabkan rambut. Madu dan kuning telur sangat bermanfaat untuk menutrisi rambut serta kulit kepala. Sementara jeruk nipis berfungsi membersihkan kulit kepala serta memberi kilau pada rambut.

Bagi yang tidak ingin repot untuk menyiapkan produk tradisional, anda bisa menggunakan produk perawatan dari berbagai merek yang mudah didapatkan di pasaran. Produk ini biasanya mengandung bahan kimia yang telah teruji secara klinis. Namun adapula yang digabungkan dengan bahan alami. Conditioner, serum rambut, creambath, hair tonic bisa menjadi solusi praktis untuk merawat rambut anda. Yang penting jangan membeli produk yang tidak jelas asal usulnya, karena produk yang aman biasanya memiliki kode dari departemen kesehatan yang ditempelkan pada kemasan produknya.

Perwatan rambut dari dalam, tentunya akan membuat perawatan rambut dari luar menjadi lebih efektif. Cobalah dengan memperbanyak minum air putih agar kulit kepala menjadi lebih lembab. Biasakan untuk mengkonsumsi pola makan yang sehat agar nutrisi untuk rambut selalu terpenuhi. Hindari makan-makanan fast food, rokok, dan stress. Kemudian perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.

Dan yang terakhir dan sangat penting adalah kondisi psikologis kita. Fakta membuktikan bahwa stress dapat menjadi biang keladi masalah kesehatan termasuk kerontokan pada rambut anda. Dengan melakukan relaksasi dan menjalanin hidup yang seimbang, dapat menjaga anda dari stress yang tentunya dapat menunjang rambut dan bahkan tubuh anda secara keseluruhan tetap sehat dan prima.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s